Thursday, May 16, 2013

Asteroid Besar Mendekat Ke Bumi

 Sekarang banyak asteroid kecil maupun besar mendekat ke Bumi


Apa jadinya jika sebuah Asteroid berukuran raksasa menghantam bumi mungkin ke hancuran akan terjadi di mana mana apakah ini yang menjadi kiamat dari bumi kita.

Apophis diambil dari nama setan sebuah asteroid melayang mendekati bumi dengan lebar 275 meter. Asteroid ini diperkirakan berjarak sekitar 9 juta mil dan terus mendekat. Diperkirakan pada 2029 asteroid ini akan berada pada orbit satelit komunikasi dengan jarak sekitar 30 ribu kilometer.
"Dari sejumlah asteroid, Apophis menyedot perhatian paling besar karena diperkirakan sangat dekat dengan bumi pada 2029 dan berpotensi menabrak," ujar Presiden Slooh Space Camera, Patrick Paolucci beberapa waktu lalu. Saat ini para ilmuwan sedang mengkaji seberapa besar ancaman asteroid Apophis terhadap bumi.
Apophis pertama kali ditemukan pada 2004. Kala itu, para ilmuwan menghitung peluang tabrakan yang ditimbulkan asteroid itu. Hasilnya, tabrakan bakal terjadi pada 2029 dengan peluang 1:45. Jika Apophis menghantam bumi maka akan menghasilkan ledakan setara lebih dari 500 megaton TNT. Sebagai bahan perbandingan, bom hydrogen paling kuat yang pernah diledakkan yaitu Soviet Tsar Bomba hanya menghasilkan kekuatan 57 megaton TNT.

Dan juga NASA baru-baru ini menemukan sebuah objek raksasa berupa  Asteroid akan menghantam bumi pada 30 tahun mendatang tepatnya pada tanggal  5 Februari 2040. seperti dikutip dailymail.
Jika batu raksasa luar angkasa ini benar menghantam Bumi, jutaan orang akan mati, meskipun ada beberapa yang selamat. Asteroid ini memiliki lebar 140 meter. Sebagai catatan asteroid yang pernah memusnahkan dinosaurus memiliki lebar 14,4 km.

Namun Nasa memiliki cara tersendiri untuk mengakal Asteroid  cara yang pertama menggunakan satelit yang mampu menghasilkan gravitasi ekstra untuk mengarahkan asteroid ini sejauh beberapa juta tahun cahaya,  sedangkan cara yang kedua menembakkan satelit ke batu luar angkasa itu untuk menimbulkan efek yang sama.
Nasa juga memikirkan cara dengan menembakan bom nuklir ke Asteroid namun yang di khawatirkan akan terjadi hujan batu yang cukup banyak ke bumi mungkin ini juga akan membahayakan bumi.
Semoga saja Nasa memiliki cara yang ampuh untuk menakal jatuhnya Asteroid Raksasa ke bumi sehinga kepunahan masal pun tidak terjadi.

Belakangan, satu asteroid kecil --yang dikenal dengan nama DA14, lewat dalam jarak sekitar 27.680 kilometer dari Bumi, lebih dekat daripada satelit cuaca dan jaringan komunikasi yang mengorbit.
"Salah satu alasan mengapa kita menghadapi makin banyak benda ialah mungkin makin banyak orang yang melakukan penelitian.

Memang sekarang banyakbenda luar angkasa yang mendekat ke bumi, kita semua harus instropeksi diri semuanya tergantung pada kehendak Allah. Jika Allah berkehendak maka terjadilah tapi jika Allah berkata lain mungkin semuanya itu tidak akan terjadi.

No comments:

Post a Comment